Hikmah sebuah Nasi Kotak



“mama, aku dapet uang 1 Milyar!”
“Alhamdulillah saya naik kelas”
“Akhirnya dapet kerja juga….”

Mungkin ungkapan diatas sering kalian temui disaat moment bahagia datang. . disaat hati melepaskan seluruh perasaan dengan lega dan mengharu biru. Bahkan ada yang sampai mengeluarkan air mata. Jika ditanya ‘apa hal yang membuatmu bahagia?’ Jawaban tiap orang mungkin berbeda-beda

Namun pengalaman saya tentang kebahagiaan.. adalah saat saya sedang dalam perjalanan dari kampus menuju rumah. Tepatnya waktu itu di lokasi sekitar stasiun Lenteng Agung, saat itu kondisi perjalanan macet dan padat seperti sore hari waktu kerja biasanya dan tidak ada yang special.

Tiba-tiba saat saya lagi ngelamun di kursi pinggir angkot, saya mendengar hiruk pikuk suara gaduh, bukan gaduh seperti orang berantem.. tapi lebih keramaian dan hiruk pikuk orang di pinggir jalan. Ternyata setelah mencoba liat dari celah kerumunan, muncul banyak pengamen anak jalanan yang keluar dari kerumunan dengan muka sumringah sambil membawa nasi kotak sterofoam  dan duduk bersila bergabung bersama kawan lainnya.. dan sebuah perkataan yang sungguh membuat saya berpikir adalah

“makasih banyak bapaaak! Akhinya makan jugaaaaa”

……Subhanallah walhamdulillah, ternyata disela-sela keluh kesah ku masih terdapat anak kecil yang bersyukur dan bahagia karena sebuah nasi kotak. Mereka bekerja untuk orang tua, mereka mendahulukan kebutuhan orang tua nya sampai merelakan perut yang keroncongan. Bahkan saya sering lihat mereka meminum kuah bakso hanya untuk merasakan kaldu ayam di dalamnya. Sungguh potret kehidupan seperti itu sangat dekat dengan hidup kita sehari hari.

Pelajaran yang bisa saya petik dari kejadian hari itu adalah, pikirkanlah kadar kebahagiaan mu sebelum kamu putuskan dan memaksakan kehendak untuk mendapat kebahagiaan itu. Ada kalanya kehidupan yang kita sesali selama ini adalah impian dan harapan bagi manusia lainnya *Smile*

Comments

  1. alhamdulillah baca ini jadi harus lebih besryukur dan gak banyak ngeluh.thanks ukhi tami udah berbagi pengalaman.
    nih firman Allah >> "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhan kalian memaklumkan: "Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada kalian, dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya 'adzab-Ku sangat pedih." (QS-Ibraahiim:7)

    ReplyDelete
  2. jangan banyak mengeluh dan perbanyak bersyukur dek melvin, semangat!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts