Indonesia Keren (?)



Jawaban gue terkait judul diatas adalah.... hmmm IYA baangeeeet! Kamu bisa dapetin kopi enak dari para artisan kopi lokal.. dapet outfit keren dari produsen dan penjahit baju lokal. kualitas nya pun boleh diadu (diadu banget dah bahasa nya) hahaha. Kayanya definisi keren gue sungguh amat sangat receh dan so so banget yak haha dasar anak nya mudah bahagia #lhaaa.
Tapi.... ada side effect nya nih sob, pernah ngerasa gak sih kalo hidup kita tuh konsumtif banget beda sama orang orang terdahulu yang lebih mementingkan sandang pangan papan (literally) dibanding jajan jajan dan jajan, a.k.a laper mata T___T
Berkaca dari hidup gue sendiri.. dan gak mau gue tularin ke generasi gue selanjutnya adalah gaya hidup gue dahulu kala yang suka banget nimbun baju! gue suka bingung kalo mau pergi kemana, suka ngerasa gak punya baju.. dengan alasan baju yang dipake itu lagi itu lagi, tapi ketika nanti saatnya emak gue inspeksi dadakan.. tetiba jadi terlihat isi baju di lemari gue ituh  numpuk dan terpaksa harus di sortir karena jd banyak yg kuning dan berjamur.. so sad.. 

NAH, setelah gue kenal dan belajar Islam lebih dalam #cieilah bahasanya# ternyata ada konsep Hisab Harta atau perhitungan.. dan itu semua akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak..


"tidak akan bergeser kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat hingga ia ditanya tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang ilmunya apa yang telah ia perbuat, dan tentang hartanya darimana ia dapatkan dan untuk apa saja ia membelanjakannya dan tentang anggota badannya untuk apa saja ia gunakan" (HR.Tirmidzi)


Dan hisab terberat adalah hisab harta, karena di akhirat nanti akan ditanya sebanyak dua kali.. dari mana ia mendapatkannya, dan untuk apa ia membelanjakannya? 
Meskipun sekarang orang hanya fokus di poin pertama.. yaitu dari mana ia mendapatkan harta, apakah dengan cara halal atau haram. "ah yang penting gue belanja pake uang kerja halal, duit gue ini bukan duit orang" sering denger gak sih? atau itu cuma kegelisahan gue seorang ha ha ha. 
Di satu sisi kita pun suka lupa kalo ada poin kedua yang gak kalah pentingnya dan selalu beririsan, yaitu untuk apa kamu membelanjakannya ? Apakah membelanjakan hartamu di jalan Allah, atau di jalan yang Allah tidak ridhoi.. naudzubillahimindzalik. 
Maka dari itu muslimah cantique sekalian, baiknya mulai berpikir deh sebelum membelanjakan hartamu di online shop terkini, di toko retail terkini juga.. Apakah memang "literally" kebutuhan? Atau cuma hasrat di balut ego eksistensi semata.. sedang kau melihat tumpukan gamis, kerudung, rok, dan tas masih teronggok cantik di lemari dengan warna dan fungsi yang nyaris sama dengan yang barusan kau belanjakan tadi ? 

Gue paham persis emang.. hasrat wanita buat belanja itu tinggi sob, beneran deh. celamitan. parah! gue juga sih... dulu... sebelum kenal hisab harta dan metode Konmari buat lebih spark joy aja hidup gue ini hohoho. (penjelasan metode konmari nya menyusul eeaaaa hihi) "tapi gimana sis.. biar gue bs tetep belanja, tapi tetep bisa tanggung jawab sama hisab harta gue dan tetep spark joy dirumah?" nah setahun belakangan ini gue jadi lebih sering menerapkan "one in one out system". Jadi ketika lo belanja satu item baru.. lo juga harus preloved or sedekahkan item lama lo yang fungsi nya sama itu.  jadi ibarat nya perhitungan pajak.. tetep prorate, proporsional. cucmey gak? iya kek *maksa

gue gatau sih ini faedah nya gimana dalam islam.. apalah aye bukan ustadzah apalagi ulama huhuh, tapi dengan lo sedekah atas harta lo, gue sih lebih tenang aja jiwa nya tsaaaah.. membersihkan harta juga yekaaan :) 

Gak.. Allah gak akan melarang kita belanja.. asalkan ya memang sesuai kebutuhan dan niatkan belanja hartamu di jalan Allah, belanjakan harta yang memang "Jelas Hisab" nya.. karena Allah gak suka hamba nya yang berlebihan.. terlebih lagi berat badan gue yang berlebih.. diri ini pun tak suka hiks :"( 




Wassalam; 
Hutamimaul 

Comments

Popular Posts